Rhenald Kasali Menerima Penghargaan Penggerak Kewirausahaan

Dalam peringatan Gerakan Kewirausahaan Nasional tanggal 8 Maret lalu, Menteri Koperasi dan UKM Syarif memberikan penghargaan kepada beberapa tokoh yang telah berperan aktif menggerakkan kewirausahaan di Indonesia. Salah satunya adalah Rhenald Kasali, Ph.D, pendiri Rumah Perubahan. Rhenald Kasali menerima penghargaan tersebut sebagai akademisi penggerak kewirausahaan bersama Nining Indroyono dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Rumah Perubahan yang didirikan sejak tahun 2007 sebagai sebuah institusi kewirausahaan sosial memiliki banyak program di bidang sosial, pendidikan, dan lingkungan hidup. Melalui program Rhenald Kasali School of Entrepreneurs (http://rkse.co.id ), Rumah Perubahan telah menciptakan hampir 5.000 wirausahawan dalam berbagai bidang, mulai dari kosmetika, teknologi, kuliner, hingga brand communication.

Dalam pandangan Rhenald, setiap manusia memiliki jiwa entrepreneur. Seorang entrepreneur modern secara konsisten selalu kreatif dan inovatif dalam melihat serta menciptakan peluang. Ia juga mampu merealisasikan peluang tersebut menjadi sesuatu yang lebih berharga secara ekonomis, sosial, dan ekologi. Untuk itu dibutuhkan bimbingan dari para ahli dan praktisi agar mereka mampu menangkap peluang dan mengelolanya menjadi bisnis dengan cara yang benar dan aman, sekaligus meningkatkan kualitas entrepreneurship.

Beberapa program pelatihan yang dijalankan adalah UKM naik kelas, Changepreneuring, Social Entrepreneur, UKM Naik Kelas, Dynamic Entrepreneur, dan Pensiun Preneur. Melalui program-programnya, Rhenald Kasali School of Entrepreneurs membangkitkan, membimbing, dan melatih orang menjadi entrepreneur yang sejati dan beretika.

Penerima penghargaan Penggerak Kewirausahaan lain di antaranya adalah Charles Saerang dari PT Nyonya Meneer, Zulkifli Zaini dari Bank Mandiri, Rinaldi Firmansyah dari PT Pelekomunikasi Indonesia, Andre Darwis dari Kaskus, Martha Tilaar, Moeryati Soedibyo, Dewi Motik Pramono, Gatot Suwono, Syafril Nasution, Ciputra, dan John Gledhil. Penghargaan tersebut diserahkan oleh Menteri Urusan Koperasi dan UKM Syarufuddin Hasan di SME Tower (SMESCO UKM) hari Kamis, 8 Maret 2012. Pada acara yang juga dihadiri oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, sejumlah bank juga menggulirkan Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Sebarkan!!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *