Change Agent Development Program Batch 8 – PT Krakatau Steel (Persero)

Change Agent Development Program. Itulah nama program yang diikuti oleh para Change Agent dari PT Krakatau Steel (Persero). Dalam visinya untuk transformasi budaya, dibutuhkan para individu-individu pilihan yang mampu menunjukkan bahwa dirinya bisa membawa perusahaan ke dalam budaya yang lebih baik lagi. PT Krakatau Steel (Persero) telah mengirimkan 7 angkatan dan pada 21-23 Maret 2018 merupakan angkatan kedelapan yang diajak ke Rumah Perubahan. Kelimapuluh peserta ini akan mendapatkan materi pengembangan diri serta workshop yang membantu mereka merealisasikan programnya kepada rekan-rekan di perusahaan.

Tiba di Rumah Perubahan, mereka langsung diarahkan menuju Gedung Recode DNA. Di sana, pembukaan pun dilakukan sembari kembali mengingatkan kepada para peserta pentingnya mengikuti Change Agent Development Program untuk tercapainya visi transformasi budaya. Tanpa banyak berpanjang kata, sesi pertama pun dimulai dengan diberikan simulasi Urban Outbond.

\"KS-CA

Urban Outbond merupakan simulasi luar ruangan yang menuntut peserta untuk berpikir kreatif dan kritis dalam memecahkan semua teka-teki. Mereka hanya diberikan petunjuk untuk menuju satu lokasi ke lokasi lain. Tentu saja, ada aturan-aturan dan tenggat waktu yang tidak boleh dilanggar. Terdengar sulit dan mustahil untuk diselesaikan. Namun, berkat kerjasama tim yang baik, para peserta mampu menaklukan simulasi Urban Outbond dengan baik. Mereka menunjukkan bahwa keluar dari zona nyaman pun tetap tidak menyurutkan semangat mereka.

Apa yang mereka lakukan selama hampir setengah hari dijelaskan pada sesi Developing Drivers Mentality. Bersama dengan Senior Faculty Member Rumah Perubahan, para Change Agent menceritakan serta merefleksikan bentuk-bentuk usaha mereka untuk memecahkan teka-teki tersebut. Mereka bahkan ada yang menyadari bahwa tanpa adanya eksekusi, ide hanya sebatas ide. Permasalahan tidak akan terselesaikan.

Tantangan tidak hanya satu. Di hari kedua, mereka mendalami perihal pentingnya value dalam sebuah perusahaan. Tugas sebagai Change Agent salah satunya adalah bisa memberikan contoh tindakan yang merefleksikan value perusahaan sehingga menginspirasi orang lain untuk berperilaku serupa. Untuk itulah, selain pembelajaran mengenai value, para Change Agent ditantang untuk membuat sebuah video berdurasi tujuh menit yang dapat menggambarkan value PT Krakatau Steel (Persero). Mereka harus memanfaatkan keterbatasan sumber daya sekaligus berpikir bagaimana bisa membuat sebuah video dengan waktu yang terbatas.

\"KS-CA

Ragu memang sempat muncul di awal. Mereka khawatir kalau video tidak sesuai dengan harapan, atau malah melewati tenggat waktu. Akan tetapi, para Change Agent mampu menunjukkan bahwa mereka bisa. Seperti yang terjadi pada hari ketiga kegiatan Change Agent Development Program, video yang telah mereka buat ditayangkan dan ditontont bersama-sama. Mereka tidak menyangka, hasilnya bisa bagus.

Pelaksanaan Change Agent Development Program Batch 8 merupakan pelaksanaan kegiatan pelatihan terkahir dari rangkaian Change Agent Development Program PT Krakatau Steel (Persero).

Sebarkan!!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *