Change Agent Development Program Batch 4 – PT Krakatau Steel (Persero) Tbk

Dari serangkaian kegiatan transformasi kebudayaan yang dilakukan oleh PT Krakatau Steel (Persero) Tbk, salah satunya adalah untuk mengembangkan Change Agent-nya. Individu-individu pilihan PT Krakatau Steel (Persero) Tbk yang diharapkan dapat membawa perubahan dan membuat budaya organisasi semakin diinternalisasi oleh semua karyawannya. Maka dari itu, Change Agent Development Program yang sudah memasuki bacth 4 pun dilakukan di Rumah Perubahan. Dilaksanakan dari tanggal 20 hingga 22 Februari 2017, sebanyak 50 Change Agent berkegiatan bersama untuk meningkatkan kapabilitasnya.

Selepas pembukaan dari pihak PT Krakatau Steel (Persero) Tbk, Change Agent pun langsung dihadapi dengan sebuah simulasi luar ruangan. Simulasi dengan tingkat kesulitan yang cukup kompleks tersebut harus diselesaikan oleh para peserta secara berkelompok. Urban Outbond, itulah simulasi yang harus diselesaikan dalam waktu dan sumber daya terbatas. Mereka berkeliling sekitar Jabodetabek untuk memecahkan teka-teki yang menuntun mereka hingga garis finish.

\"KS

Urban Outbond sempat membuat peserta tercengang. Mereka tidak menduga akan diberikan tantangan luar ruangan di hari pertama. Meskipun begitu, para Change Agent dapat menyelesaikan dengan baik.

Setelah semua Change Agent berhasil kembali ke Rumah Perubahan dan beristirahat, Senior Faculty Member Rumah Perubahan memberikan materi yang membahas pentingnya memiliki Driver\’s Mentality. Seperti yang dituliskan oleh Prof. Rhenald Kasali dalam bukunya yang berjudul Self Driving, setiap individu minimal perlu memiliki mindset seorang driver. Ialah, pola pikir yang tahu kemana kakinya akan melangkah.

Memasuki hari kedua, pembahasan mengenai values mulai dilakukan. Bersama Senior Faculty Member Rumah Perubahan, Change Agent melakukan beberapa simulasi sederhana di dalam ruangan untuk memahami pentingnya values perusahaan dalam bekerja dan berkarya. Simulasi tersebut memudahkan Change Agent untuk memahami urgensi internalisasi values dalam kegiatan bekerja dan berkarya.

\"KS

Penguatan terhadap values dilakukan dengan tantangan video pendek. Dimana para Change Agent harus mampu membuat sebuah video yang merepresentasikan salah satu values di PT Krakatau Steel. Penyelesaiannya tentu membutuhkan kemampuan untuk berpikir secara krtisi dan kreatif agar audiens memahami pesan values yang disampaikan.

Di hari ketiga, hari terakhir, giliran Change Agent mendapatkan workshop agar mampu merumuskan program internalisasi values-nya. Masing-masing Change Agent harus mampu menuliskan rencana program yang akan dilaksanakannya. Tentu, mereka pun harus mampu memetakan terlebih dahulu bagaimana keadaan yang ada di lapangan agar program dapat terealisasi secara optimal. 

Workshop dilanjutkan dengan penutupan kegiatan. Ditandai dengan pemutaran video-video pendek hasil karya para Change Agent.

Sebarkan!!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *