Memasuki pertengahan Februari, Change Agent Development Program yang diikuti oleh PT Krakatau Steel memasuki batch ketiga. Masih dengan komposisi 50 orang peserta yang merupakan para Change Agent. Mereka tiba di Rumah Perubahan pada 13 Februari 2018 dan langsung mengikuti sesi di hari pertama.
Pembukaan Change Agent Development Program diadakan di ruangan Recode DNA. Para peserta kemudian dibagi ke dalam 5 kelompok secara acak. Mereka pun harus segera berkenalan sebab, simulasi yang mereka lakukan akan dilakukan secara berkelompok.
Seperti simulasi pada hari pertama. Bertajuk Urban Outbond, mereka diberikan tantangan yang harus diselesaikan dalam kondisi tertentu. Secara berkelompok, mereka menghadapi kompleksitas tantangan yang bertahap. Dari yang mudah untuk diselesaikan, hingga yang memerlukan strategi tertentu. Namun, semua peserta malah bersemangat. Mereka yakin bahwa mereka pasti bisa menaklukan simulasi dan tantangan Urban Outbond.
Tepat sore hari, seluruh Change Agent kembali ke Rumah Perubahan setelah menuntaskan teka-teki Urban Outbond yang tersebar di penjuru Jabodetabek. Rehat sejenak dan langsung disambut dengan Senior Faculty Member Rumah Perubahan untuk bersama-sama mendiskusikan apa-apa saja yang dirasakan selama Urban Outbond berlangsung. Mereka menyebutkan bahwa pola pikirlah yang menyebabkan mereka berhasil, namun juga bisa membuat mereka gagal apabila tetap menganggap bahwa simulasi tersebut sulit untuk dimenangkan. Dari penggalian insight itulah, Senior Faculty Member Rumah Perubahan kemudian menyampaikan pentingnya driver\’s mentality sebagaimana dituliskan Prof. Rhenald Kasali dalam buku Self Driving. Sebagai individu, jangan sampai kita tidak mampu mengarahkan diri kemana harus melangkah.
Memasuki hari kedua, para Change Agent dibekali dengan materi mengenai pentingnya sebuah value dalam perusahaan. Sebagai Change Agent, mereka juga wajib untuk menyampaikan value tersebut kepada seluruh lapisan sumber daya manusia di dalam perusahaan tersebut. Baik dalam bentuk tindakan maupun ucapan. Untuk menajamnkan pemahaman tersebut, para Change Agent kembali mendapatkan tantangan berupa simulasi Movie Making Challenge.
Para Change Agent harus mampu menyampaikan value yang ada dalam PT Kraktau Steel kepada para pihak internalnya. Melalui simulasi tersebut, para Change Agent harus berpikir secara kreatif.
Menutup Change Agent Development Program, para peserta dibekali dengan workshop. Dibahas mengenai bagaimana caranya merencanakan program hingga nanti merealisasikannya. Selama workshop, masing-masing peserta saling berdiskusi dengan anggota kelompoknya untuk memilih satu hingga tiga program yang berkaitan dengan value PT Krakatau Steel yang memungkinkan untuk direalisasikan.
Selepas workshop, diputarkan video pendek yang sudah dibuat secara berkelompok oleh para Change Agent dan dilanjutkan dengan awarding sebagai penanda selesainya Change Agent Development Program Batch 3.