Journey of Wika Global Leaders – Wijaya Karya

Sektor industri tidak dapat lepas dari pengaruh kemajuan teknologi. Sadar atau tidak, saat ini, kita berada di era Industry 4.0, yaitu cybersphysical system atau era robotik. Tentu kemajuan teknologi ini akan sangat memudahkan industri jika sumber daya manusia di dalamnya mampu beradaptasi. Khususnya dalam perusahaan yang sudah lama berdiri. Untuk memastikan bahwa sumber daya manusianya mampu beradaptasi dan cepat berinovasi, maka sebanyak 28 orang dari WIKA datang untuk kembali belajar di Rumah Perubahan.

Kegiatan selama dua hari yang bertajuk Global Leadership ini dilaksanakan sejak tanggal 27 September hingga 28 September 2017. Awal kegiatan dilakukan dalam sesi indoor oleh Prof. Rhenald Kasali. Dalam sesi ini, Prof. Rhenald Kasali mengajak para eksekutif WIKA untuk memahami bahwa saat ini terjadi revolusi dalam dunia industri di berbagai sektor. Bahkan, revolusi ini memiliki dampak besar pada pertumbuhan ekonomi global.

\"IMG_2713\"

Para peserta mengangguk setuju, sesi yang berlangsung interaktif ini mengundang para peserta untuk menanggapi sesuai dengan apa yang dilihat dan dialami peserta dalam menjalankan perusahaan.

Setelah sesi Prof. Rhenald Kasali ditutup, para peserta yang merupakan para eksekutif ini langsung dihadapkan pada tantangan-tantangan. Hal ini bertujuan sebagai simulasi menghadapi VUCA (Volatility, Uncertainty, Complexity dan Ambiguity).

\"DSC_0087\"

Tidak hanya satu tantangan, melainkan empat tantangan sekaligus harus diselesaikan oleh peserta yang dibagi menjadi empat kelompok. Para peserta pun diberi kebebasan bagaimana mengatur regulasi terhadap empat tugas yang harus diselesaikan dalam dua hari pelatihan.

Tidaklah mudah, dari sini lah peserta dapat meresapi nila-nilai WIKA, yaitu Agility, Caring dan Excellent. Sebagai para pembelajar, para peserta bersemangat menjadi yang terbaik melakukan setiap proses tantangan.

\"IMG_7167\"

Tentu setelah melakukan serangkaian tantangan, para peserta diminta untuk mengutarakan insight terbaik selama melakukan tantangan. Tak ada keluhan, melainkan canda tawa dilontarkan ketika mengingat pengalaman dalam proses tantangan. Diharapkan, para pemimpin ini mampu mengendapkan nilai-nilai WIKA serta menjalankan kompetensi sebagai Global Leader dalam kehidupan. Tak hanya profesionalisme tetapi juga individu.

Acara pun ditutup dengan pengumuman kelompok terbaik dan sesi foto bersama.

Sebarkan!!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *