Social Media Mastery – PT Jasamarga (Persero) Tbk

Informasi menjadi hal penting di era disrupsi seperti sekarang ini. Lajunya bisa sangat cepat. Dalam hitungan detik, bahkan bisa kurang dari itu, informasi bisa kita dapatkan dengan mudah. Televisi dan koran menjadi pelengkap, namun media sosial menjadi kanal utama aliran dan distribusi informasi.

Pemahaman mengenai pengelolaan media sosial pun menjadi sebuah urgensi. Kemampuan untuk membuat konten hingga strategi tepat dalam mengunggah informasi sudah selayaknya didapatkan oleh mereka yang bergerak dalam bidang kehumasan. Tidak terkecuali pada siapapun. Maka dari itu, PT Jasamarga (Persero) Tbk bersama dengan Rumah Perubahan megadakan pelatihan Social Media Mastery untuk para Board of Directors, Vice President, dan General Manager.

\"JM-SOSMED\"

Sebagai pembukaan, materi yang disampaikan ialah seputar media sosial secara umum. Peserta mendapatkan wawasan baru mengenai media sosial dan pentingnya untuk perusahaan. Mereka juga diajarkan bahwa setiap platform media sosial memiliki tujuan dan target audience  yang berbeda-beda sehingga kontennya pun tidak bisa disamaratakan. Tentu, taktik untuk mengelolanya juga berbeda. Memahami setiap platform akan memudahkan mereka untuk memutuskan konten apa yang bisa diunggah dan bentuk seperti apa yang cocok.

Di sesi kedua, para peserta masuk lebih dalam dengan mengenal ragam dari konten. Misalnya saja pemahaman bahwa media sosial Instagram lebih difokuskan untuk informasi yang disuguhkan dalam bentuk visual. Berbeda dengan media sosial Facebook dimana pengguna bisa mengunggah banyak tulisan dan gambar dalam satu post. Mengapa ini penting? Pesan yang ingin diutarakan jangan sampai membuat follower menjadi bingung atau bahkan kehilangan konteksnya.

Selama sesi Powerful Content, peserta juga diminta untuk membuat contoh konten yang bisa diunggah di akun milik PT Jasamarga (Persero) Tbk. Karena mereka yang paham betul seputar aktivitas yang dijalankan oleh perusahaan, maka akan lebih kuat konten mereka nantinya untuk dipublikasikan. Powerful Content juga menekankan pada padatnya konten serta bahasa untuk menyampaikan hal tersebut. Apakah menggunakan artikel atau lebih baik jika disampaikan menggunakan visual dan audio visual.

Di hari pertama para peserta sudah paham apa yang harus dilakukan oleh mereka untuk membuat informasi yang dimiliki oleh PT Jasamarga (Persero) Tbk bisa diterima dengan baik oleh masyarakat. Kekuatan pada konten serta pengelolaan akun media sosial akan membuat masyarakat merasa lebih dekat dengan PT Jasamarga (Persero) Tbk. Namun, konten-konten tersebut akan menjadi lebih lengkap jika mereka juga paham mengenai strateginya.

\"JM-SOSMED

Maka dari itu, di hari kedua dari kegiatan Social Media Mastery, peserta diajarkan tentang Social Media Strategy. Mereka harus mampu memaksimalkan sumber daya yang sudah dimiliki untuk memperluas jangkauan informasinya. Sama dengan hari pertama, peserta diminta untuk membuat contoh social media planning, merencanakan apa-apa saja yang harus mereka informasikan dalam satu bulan ke depan.

Social Media Mastery ditutup pada sore hari. Para peserta tampak senang dengan wawasan baru yang didapatkan, terutama jika bisa berkontribusi terhadap majunya PT Jasamarga (Persero) Tbk kelak.

Sebarkan!!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *