Memasuki minggu pertama Maret 2018, Rumah Perubahan kembali didatangi oleh Change Agent dari PT Krakatau Steel, Tbk. Mereka adalah para agen-agen perubahan terpilih dari perusahaan yang mendapatkan kesempatan untuk mengembangkan diri lebih jauh melalui kegiatan Change Agent Development Program. Sebelumnya, sudah ada 5 batch dengan masing-masing batch terdiri dari 50 peserta. Mereka berasal dari beragam divisi yang ada di PT Krakatau Steel, Tbk.
Di hari pertama, tanpa mereka sangka, mereka langsung mendapatkan tantangan . Setelah dibagi menjadi lima kelompok dan perkenalkan kepada pendampingnya, tim Rumah Perubahan menjelaskan Do and Dont\’s selama tantangan berlangsung. Dalam tantangan Urban Outbond, para Change Agent harus mampu memecahkan teka-teki yang tersebar di beberapa wilayah. Kelompok akan dikatakan berhasil apabila sudah menyelesaikan semua teka-teki dan kembali ke Rumah Perubahan sebelum batas waktu yang ditentukan.
Sulit? Tampaknya memang demikian. Namun, Urban Outbond mendorong para Change Agent untuk berpikir kreatif dan mencari solusi di tengah keterbatasa yang harus mereka hadapi. Di situlah mentalitas mereka diuji.
Tantangan tidak berhenti di situ saja. Bahkan ketika hari pertam telah sukses dilewati, dipandu oleh Senior Faculty Member Rumah Perubahan untuk mengkorelasikan tantangan Urban Outbond ke dalam konteks Change Agent, mereka tidak menyangka tantangan yang harus mereka hadapi di hari kedua.
Sebelumnya, selepas sarapan pagi, para Change Agent mendapatkan materi dalam kelas yang membahas tentang value. Chane Agent tersebut di PT Krakatau Steel, Tbk memiliki peran untuk membantu tumbuhnya corporate culture perusahaan di dalam tubuh para human capital-nya. Maka dari itu, pembekalan mengenai value dan apa urgensinya untuk produktivitas sangat penting untuk diberikan kepada peserta.
Berkaitan dengan itu pula, maka tantangan di hari kedua tidak jauh-jauh dari value. Change Agent harus membuat sebuah video pendek yang bisa menggambarkan dan menjelaskan seperti apa value yang dimiliki oleh PT Krakatau Steek, Tbk. Video itu pun nantinya akan diputar di lingkungan perusahaan dan harus mampu membuat insan-insan di dalamnya paham dengan pesan yang disampaikan.
Tentu, Change Agent-lah yang membuat video tersebut hingga proses editing. Lagi-lagi kemampuan untuk berpikir kritis, kreatif, dan solutif harus dimunculkan mereka. Tidak terlepas juga 7 Elements of Self Driving yang tertulis dalam buku Self Driving diharapkan muncul dalam rangkaian tantangan yang diberikan.
Memasuki hari terakhir, hari ketiga, para Change Agent mendapatkan workshop yang membantu mereka untuk merealisasikan programnya. Workshop tidak lepas dari value dan culture di dalam PT Krakatau Steel, Tbk. Mereka diajak untuk memperhitungkan apa-apa saja yang harus dipersiapkan untuk membuat program budaya di dalam perusahaan, minial di dalam divisi mereka.
Change Agent Development Program ditutup dengan penayangan video dari semua kelompok yang telah mereka buat.