Change Agent Development Program Batch 5 – PT Krakatau Steel, Tbk

Masih dalam serangkaian culture transformation, PT Krakatau Steel, Tbk bersama dengan Rumah Perubahan melanjutkan kegiatan Change Agent Development Program yang kini sudah memasuki batch ke-5. Para peserta terpilih merupakan jajaran Change Agent yang sudah diseleksi dari PT Kraktau Steel, Tbk. Sebanyak 50 peserta tersebut dikirim ke Rumah Perubahan selama 3 hari 2 malam (28 Februari – 2 Maret) untuk mendapatkan pelatihan yang berkaitan dengan pengembangan diri untuk mendukung program budaya perusahaan.

Tiba pagi hari, setelah meletakkan barang-barang di kamar, semua peserta berkumpul di Gedung Recode DNA. Tempat yang menjadi pusat kegiatan selama pelatihan berlangsung. Selepas pembukaan, peserta masing-masing diminta untuk mengisi lembar survei. Dalam survei tersebut, peserta hanya perlu menjawab pertanyaan sesuai dengan keadaan yang saat ini tengah dihadapi. Tidak ada jawaban yang benar ataupun yang salah.

\"KS

Dua puluh menit kemudian, tim Rumah Perubahan membagi para peserta menjadi 5 kelompok. Kelompok acak tersebut mempertemukan orang-orang yang baru. Sebab, meskipun merka sama-sama berada pada program Change Agent di perusahaan, belum tentu mereka sudah saling mengenal. Untuk itulah, pembagian kelompok juga menjadi ajang untuk memperluas relasi mereka sendiri.

Dari pembagian kelompok, mereka langsung dihadapkan dengan tantangan pertama. Dengan aturan dan keterbatasan sumber daya serta waktu, para peserta harus mampu menaklukan tantangan dengan kompleksitas tertentu. Tantangan Urban Outbond ini memacu daya berpikir kritis dan kreatif para peserta untuk memecahkan masalah.

Mulanya, mereka berpikir tidak akan sanggup menjalani tantangan tersebut. Apalagi ketika dibacakan peraturan mengenai Dos and Don\’ts.  Namun ketika tantangan dijalani, peserta mulai menemukan cara-cara untuk memecahkan setiap rintangan dan teka-teki yang diberikan. Bahkan, mereka mampu menyelesaikan semuanya tepat waktu.

\"KS

Begitu pula dengan tantangan di hari kedua. Peserta tidak menyangka, mereka harus membuat sebuah video pendek yang menggambarkan salah satu value di PT Krakatau Steel, Tbk. Mereka harus mampu menyampaikan value tersebut dengan baik dan sumber daya yang juga diusahakan secara mandiri. Peserta ada yang memanfaatkan kemampuannya untuk berakting di depan kamera, ada pula yang meminta bantuan dari orang-orang sekitar untuk berakting. Hingga akhir, peserta jugalah yang melakukan editing sehingga bisa diasjikan kepada penonton.

Sebelum penutupan kegiatan Change Agent Development Program Batch 5, peserta mendapatkan sesi workshop yang akan membantu dalam merumuskan hingga mengimplementasikan ide-ide inovatif mereka, terutama yang berkaitan erat dengan value dan culture.

Sebarkan!!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *