Self Driving Training – Indonesia EximBank

Setiap manusia pada hakikatnya memiliki kendali atas dirinya sendiri. Masing-masing berhak menentukan kemana kakinya melangkah. Hanya saja, masih sedikit yang menyadari hal tersebut. Di ulas dalam buku Self Driving oleh Prof. Rhenald Kasali, manusia yang memiliki kendali tersebut ialah mereka yang disebut dengan driver. Mereka bisa membawa diri mereka menuju tujuan yang sudah ditetapkannya.

Indonesia EximBank menyadari pentingnya setiap individu yang mampu mengarahkan dirinya sendiri. Maka dari itu, sebanyak 57 peserta diajak ke Rumah Perubahan untuk mengikuti Self Driving Training yang berlangsung selama 3 hari (13-15 Oktober).

\"EXIM

Setibanya di Rumah Perubahan, semua peserta berkumpul di dalam Gedung Recode DNA, tempat semua kegiatan selama pelatihan terpusat. Sebagai pembuka, Direktur Pelaksana 3 Indonesia Eximbank, Bapak Indra Wijaya Supriadi memberikan pidato pembuka. Disampaikan oleh beliau bahwa perubahan itu nyata adanya dan setiap manusia tidak bisa mengelak terhadap hal itu. Melalui Self Driving Training, Bapak Indra berpesan supaya semua peserta dapat memanfaatkan pelatihan yang diadakan sebagai sarana pembelajaran untuk meningkatkan kapasitas diri.

Masih sejalan dengan apa yang disampaikan oleh Bapak Indra, peserta memasuki sesi materi pertama. Tentu, jika berbicara mengenai perubahan, harus dipersiapkan mental yang tangguh. Mengacu pada buku Self Driving, maka diperlukan mentalitas seorang driver (Driver Mentality). Peserta juga melakukan simulasi untuk memperdalam pemahaman tersebut.

\"EXIM

Di hari kedua, peserta yang terdiri dari beragam posisi mendapatkan sesi bersama Prof. Rhenald Kasali. Melalui materi berjudul Change Mindset: Tomorrow is Today, Prof. Rhenald Kasali memaparkan bahwa mindset merupakan unsur yang penting dalam perubahan. Sesi Prof. Rhenald Kasali yang juga memberikan contoh-contoh terhadap teknologi yang akan digunakan di masa depan dilanjutkan dengan sharing session mengenai Blockchain.

Setelah dibekali dengan pengetahuan mengenai driver mentality, maka saatnya para peserta diberikan tantangan untuk mengaplikasikan konsep Self Driving. Dalam  Urban Outbond, semua peserta harus mampu menyelesaikan setiap tantangan, berpindah dari satu pos ke pos yang lain hingga tiba di garis finish.

\"EXIM

Pelatihan hari terakhir ditutup dengan kegiatan self reflection. Peserta diajak menarik apa yang sudah dilakukan selama kegiatan ke dalam konteks kehidupan sehari-hari. Termasuk ke dalam ranah pekerjaan. Mereka membahas pentingya setiap individu memiliki kendali atas hidupnya serta tetap terbuka untuk belajar hal-hal baru. Dengan kata lain, mereka memperdalam 7 Elements of Self Driving sebagaimana telah dijelaskan pada salah satu sesi.

Self Driving Training merupakan program pelatihan yang mengacu pada buku best seller karya Prof. Rhenald Kasali.

Sebarkan!!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *