Mekarnya Titan Arum di Rumah Perubahan

Pada tahun 2017, Rumah Perubahan kembali berhasil membudidayakan Titan Arum dan kini sedang menunggu mekar sempurna yang diperkirakan terjadi pada tanggal 6-8 Juni 2017.

Pada proses mekarnya Amorphophallus Titanum, ada kondisi khusus seperti yang disampaikan oleh pakar konservasi Rumah Perubahan bahwa dalam proses mekar, tanaman ini rentan terhadap cahaya matahari langsung, hujan deras, serta hama seperti  keong dan serangga tertentu.

Bunga Titan Arum ini adalah bunga tak berbatang terbesar di dunia. Sebagian orang sering mengira bunga asli Indonesia ini adalah bunga Rafflesia karena sama-sama memiliki bau yang menyengat ketika mekar. Bahkan sering pula ada yang tertukar menyebutkannya. Padahal sejatinya dua bunga ini berbeda. Amorphophallus titanum mempunyai perbungaan tak bercabang terbesar sementara Rafflesia arnoldii mempunyai bunga tunggal terbesar di dunia dari seluruh tumbuhan berbunga.

Titan Arum membutuhkan 7-10 tahun agar bisa mekar untuk pertama kalinya. Setelah itu dalam 2-3 tahun akan kembali mekar. Namun yang membuat banyak orang ingin melihat Titan Arum karena bunga ini termasuk tanaman monokarpik, yaitu mati setelah berbunga. Bunga Titan Arum akan mati antara 8-48 jam setelah mekar. Butuh waktu yang sangat lama untuk menunggu, namun sangat sebentar untuk menikmati.

Selain Amorphophallus Titanum, Rumah Perubahan juga mampu mengembangkan jenis lain antara lain: Gigas, Murelis dan Variabilis. Jenis Titanum dan Gigas termasuk tanaman langka karena tidak banyak yang dapat hidup di luar habitat aslinya yaitu hutan Sumatra, namun di Rumah Perubahan kedua tanaman tersebut dapat mekar sempurna.

Tak hanya Amorphophallus, ada pula tanaman dari luar pulau Jawa yang berhasil tumbuh subur di Rumah Perubahan, diantaranya; Matoa dan Buah Merah dari Papua; Tampoi dan Pengago dari Sumatera, Buah Lay dari Kutai, Bunga Merah Putih dari Pulau Buru, Pohon Baobab dari Madagaskar, dan sebagainya.

\"WhatsApp

Jadilah saksi mekarnya Amorphophallus Titanum di Rumah Perubahan. Anda dapat berkunjung untuk menyaksikan langsung pada hari Senin-Jumat pukul 09.00 – 11.30 dan 13.00 – 16.00 serta Sabtu-Minggu pukul 08.00 – 12.00 dan 13.00 – 16.00

Untuk info biaya dan lokasi silahkan hubungi Rumah Perubahan: (021) 84590010

Sebarkan!!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *