Orientasi MMUI ala Rumah Perubahan

Kata orientasi sering kali dikonotasikan dengan kekerasan yang dilakukan oleh mahasiswa senior kepada junior. Tapi, tidak demikian yang terjadi di Rumah Perubahan, 2-3 Februari 2013. Sekitar 80 orang mahasiswa baru Magister Manajemen Universitas Indonesia (MMUI) menikmati orientasi ala Rumah Perubahan yang meliputi pemberian materi dan sharing  dari tokoh-tokoh perubahan, seperti, Masril Koto–penggerak bank tani di Padang, Hasnul Suhaemi–CEO PT XL Axiata, dan tak ketinggalan Rhenald Kasali–pendiri Rumah Perubahan sekaligus ketua MMUI.Banyak nilai sosial yang dibagikan oleh para pemateri kepada mahasiswa baru ini. “Nilai seperti kebaikan akan kembali kepada setiap orang yang menebar kebaikan, menjadi pemenang, sampai pada kebingungan yang merupakan “ibunya” penemuan,” ujar Rhenald Kasali di salah satu sesi. Intinya, setiap individu mampu menciptakan dan melakukan perubahan.

Dalam kesempatan itu mahasiswa orientasi juga dibuat terperangah oleh Masril Koto, yang berhasil mengelola Bank Petani dengn nasabah sebanyak 200 ribu. Hal tersebut dilakukannya, di Agam , Sumatera Barat, berbekal pendidikannya yang hanya sampai kelas 4 SD!

Dihari kedua, mahasiswa orientasi mendapatkan pelajaran tentang teamwork dalam bentuk kegiatan outbond yang disiapkan oleh Rumah Perubahan. Orientasi ini diharapkan dapat memacu mahasiswa untuk mampu menciptakan perubahan mulai dari diri sendiri, lingkungan, nasional, hingga dunia dan membuat kehidupan yang labih baik. Salam Perubahan!
Sebarkan!!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *