Kids Creativity – SD Hati Kudus

Pendidikan untuk anak-anak di masa tumbuh kembangnya tidak sekedar tentang memberikan pengetahuan. Pendidikan juga termasuk memberikan kesempatan kepada anak untuk mengeksplorasi yang ada di sekitarnya. Di dalamnya juga berarti mengaktifkan kinerja kedua belah otak. Termasuk untuk sisi kreativitasnya.

Melalui program Kids Creativity, siswa-siswi kelas 1 dan 2 Sekolah Dasar Hati Kudus, Jakarta, mendapatkan kesempatan untuk belajar bersama alam di Rumah Perubahan. Mereka datang bersamaan mengenakan seragam olahraga didampingi oleh para Guru.

Pembukaan dilakukan pada pukul 08:00 WIB. Mereka berbaris rapi di area Green Zone Rumah Perubahan. Mereka yang sudah dikelompokkan menjadi 12 kelompok dikenalkan dengan para kakak pendamping. Namun, sebelum mereka memulai kegiatan, para peserta melakukan pemanasan terlebih dahulu dengan gerakan Baby Shark. Mereka pun menjadi lebih bersemangat dan siap menjalani aktivitas Kids Creativity.

Kegiatan Kids Creativity yang dilakukan oleh siswa SD Hati Kudus mencakup melukis layang-layang. Mereka diberi kebebasan untuk mewarna layang-layang polos dengan cat air. Ada yang menggambar bunga-bunga, rumah, ataupun sekedar memberikan warna. Setelah selesai melukis dan menjemur layang-layangnya, peserta melanjutkan pada kegiatan Fun Games.

\"WhatsApp

Peserta diberi tantangan untuk memasukkan bola sesuai dengan warna yang diminta. Tidak hanya itu, peserta juga harus melewati rintangan yang mensyaratkan mereka untuk berlari zigzag, lompat, hingga merangkak. Dalam kegiatan Fun Games, para siswa menggerakkan seluruh motoriknya dengan cara yang menyenangkan.

Setelah break, kegiatan pun kembali dimulai. Lahan integrated farming pun didatangi oleh para peserta. Mereka memanen sayuran kangkung. Ada yang awalnya merasa takut-takut ada yang langsung bersemangat untuk mengambil daalam jumlah banyak. Tidak sekedar memanen, mereka juga diajari bagaimana caranya membersihkan sayuran tersebut sehingga nantinya bisa diolah menjadi makanan.

Pada kegiatan terakhir, kembali para peserta diajak untuk berkreativitas lewat aktivitas Kreativitas Barang Bekas. Disediakan botol-botol plastik, sedotan, kertas minyak, dan beberapa pernak-pernik yang bisa digunakan. Mereka pun antusias untuk membuat beragam prakarya. Dari tempat pensil, vas, hingga teropong.

Kids Creativity ditutup dengan foto bersama. SD Hati Kudus pun mengakhiri kegiatan pada pukul 12:00 WIB

Sebarkan!!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *