Keberhasilan perusahaan untuk tetap eksis di tengah pesatnya perkembangan zaman ditentukan dari bagaimana sumber daya manusianya mampu beradaptasi dengan perubahan. Diperlukan mental yang gesit untuk tidak sekedar bertahan tetapi ikut melakukan perubahan mengikuti kebutuhan konsumen yang juga berubah. Hal inilah yang disadari oleh para Transformation Management Officer (TMO) atau penggerak perubahan dari Bank Tabungan Negara (BTN). Sebanyak 16 orang penggerak perubahan BTN mengikuti Change Management Program pada tanggal 23 Maret 2017 di Rumah Perubahan.
Setelah sesi perkenalan, peserta langsung ditantang untuk melaksanakan outbound khas Rumah Perubahan. Para peserta dibagi menjadi tiga kelompok secara acak. Pada outbound ini, kecekatan berpikir, teamwork peserta diasah agar mampu menyelesaikan misi yang diberikan. Tentu, ada batasan waktu dan peraturan yang tidak boleh dilanggar.
Kegiatan dilanjutkan dengan simulasi bagaimana menghadapi perubahan yang signifikan dan cepat. Secara berkelompok, peserta memainkan simulasi labirian dengan peraturan dan kondisi-kondisi tertentu.
Mendekati malam hari, peserta berdiskusi menyimpulkan insight dari kegiatan yang sudah dilakukan selama sehari. Ada outbound dan simulasi labirin yang diselaraskan dengan situasi di perusahaan. Dipandu oleh Senior Faculty Member Rumah Perubahan, para peserta mencapai kesimpulan pentingnya memiliki self awareness dalam diri sebagai faktor kunci dalam proses transformasi perusahaan.
Setelah penggalian insight dari semua peserta, peserta masih dibekali satu materi membahas Communication in Change. Tentang bagaimana cara yang tepat untuk berkomunikasi secara efektif dan efisien. Hal ini tentu menjadi salah satu hal penting terutama ketika perubahan harus disampaikan kepada setiap lini di perusahaan.
Sebelum ditutup, diumumkanlah kelompok yang berhasil menyelesaikan tantangan. Change Management Program diharapkan bisa membuat para TMO terpacu untuk selalu berani dan kreatif menghadapi perubahan.
Videonya pun bisa Anda simak di sini
Mantaaap!.