Akhir tahun merupakan waktu yang tepat untuk melakukan evaluasi kerja, baik dari segi pelayanan, kualitas SDM, keamanan, sistem, dan berbagai hal lainnya. Dengan evaluasi, setiap perusahaan atau lembaga dapat memperbaiki keekurangan dan merencanakan strategi baru untuk peningkatan performa perusahaan tahun depan.
Kegiatan ini juga dilakukan Pelindo 1 di Rumah Perubahan, 7-9 Desember 2014 lalu. Sebanyak 56 senior manager dari berbagai daerah kerja Pelindo 1–seperti Aceh, Sumatera Utara, Riau, dan Kepulauan Riau mengikuti pelatihan dan menginap di Rumah Perubahan. Tak kurang dari Rhenald Kasali–pendiri Rumah Perubahan dan faculty member lainnya, mengisi sesi-sesi pelatihan yang padat dengan presentasi interaktif, sharing, simulasi, dan diskusi.
Para peserta juga diajak untuk memosisikan diri sebagai customer. Apa yang diinginkan customer? ‘Cepat, Murah, dan Aman’. Itulah hasil survei yang dilakukan Pelindo 1 terhadap customer, yang kemudian dijadikan motto Pelindo 1. “Untuk menerapkan motto itulah, selama 3 hari ini kita di Rumah Perubahan belajar menjadi change agent yang kemudian dapat meneruskan ilmu kepada rekan-rekan lainnya, untuk kemajuan Pelindo 1,” ujar Farid Luthfi, direktur keuangan Pelindo 1, saat penutupan pelatihan.
Rumah Perubahan